PAKET UJIAN AKHIR
SEMESTER (UAS)
KELAS X SEMESTER GENAP FISIKA
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan
Kls/ Semester
|
Konten/Materi
|
Indikator
Soal
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
Menganalisis
interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
X/2
|
Hukum-Hukum Newton/Kinematika dan Hukum II Newton
|
Siswa dapat menghitung massa benda dengan menerapkan
konsep kinematika gerak dan Hukum II Newton
|
C-3
|
PG
|
1
|
2
|
Hukum-Hukum Newton/Analisis gaya pada bidang miring
|
Disajikan gambar, siswa dapat menentukan gaya normal
yang bekerja pada benda di bidang miring
|
C-4
|
PG
|
2
|
||
3
|
Hukum-Hukum
Newton/Analisis gaya pada sistem berkatrol
|
Disajikan gambar sistem berkatrol, siswa dapat
menganalisis percepatan total dari sistem yang bergerak
|
C-4
|
PG
|
3
|
||
4
|
Hukum-Hukum
Newton/Analisis gaya pada gerak melingkar
|
Disajikan gambar gerak melingkar ditikungan, siswa
dapat menghitung kecepatan benda yang bergerak
|
C-4
|
PG
|
4
|
||
5
|
Penerapan
Hukum Newton pada katrol
|
Disajikan gambar katrol bebas, siswa dapat
menentukan percepatan sistem dengan menerapkan analisis gaya
|
C-4
|
Essay
|
16
|
||
6
|
Menganalisis
keteraturan gerak planet dan satelit dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum
Newton
|
X/2
|
Hukum
Newton tentang gravitasi:
· Gaya gravitasi
antar partikel
· Kuat medan
gravitasi dan percepatan gravitasi
|
Siswa dapat menghitung besarnya percepatan
sentripetal yang berkerja pada planet selama bergerak mengelilingi tata surya
|
C-4
|
PG
|
5
|
7
|
Hukum Newton tentang Gravitasi Umum dan Kuat Medan
Gravitasi
|
Disajikan gambar dua massa yang saling terpisah,
siswa dapat menentukan besar titik medan gravitasi
|
C-4
|
Essay
|
17
|
||
8
|
Menganalisis konsep energi, usaha
(kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi,
serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari
|
X/2
|
Hukum
Kekekalan Energi
|
Disajikan 2 gambar kedudukan yang berbeda, siswa
dapat menyimpulkan perbedaan usaha yang dilakukan dari masing-masing gambar
|
C-5
|
PG
|
6
|
9
|
Penerapan
Hukum Kekekalan Energi pada bidang melingkar
|
Disajikan gambar roller coster, siswa dapat
menganalisis kecepatan kereta dengan menerapkan Hukum Kekekalan Energi
|
C-4
|
PG
|
7
|
||
10
|
Daya pada
alat mekanis rumah tangga
|
Siswa dapat menghitung daya yang dihasilkan pada
suatu mesin traktor
|
C-3
|
PG
|
8
|
||
11
|
Grafik
usaha
|
Disajikan gambar grafik usaha, siswa dapat
menentukan besar usaha
|
C-3
|
Essay
|
18
|
||
12
|
Menerapkan konsep momentum dan impuls,
serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
|
X/2
|
Momentum
benda
|
Disajikan cerita tentang seseorang yang menendang
bola, siswa dapat menghitung perubahan momentum yang terjadi pada bola
|
C-3
|
PG
|
9
|
13
|
Penerapan
momentum dan impuls pada fenomena pantulan pada benda
|
Disajikan cerita, siswa dapat menghitung jumlan
pukulan martil yang terjadi menerapkan konsep momentum dan impuls
|
C-3
|
PG
|
10
|
||
14
|
Tumbukan/
Tumbukan Lenting sempurna dan Hukum Kekekalan Momentum
|
Disajikan cerita, siswa dapat menentukan kecepatan
benda sebelum dan setelah bertumbukan
|
C-4
|
PG
|
11
|
||
15
|
Koefisien
restitusi tumbukan
|
Diketahui nilai koefisien restitusi tumbukan, siswa
dapat menghitung kecepatan benda setelah tumbukan
|
C-3
|
PG
|
12
|
||
16
|
Hubungan
gaya dengan impuls
|
Disajikan sebuah cerita, siswa dapat menghitung gaya
dorong dengan menerapkan konsep momentum dan impuls
|
C-3
|
Essay
|
19
|
||
17
|
Menganalisis hubungan antara gaya dan
getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
X/2
|
Frekuensi
getaran pegas
|
Disajikan cerita, siswa dapat menghitung frekuensi
yang terjadi pada getaran pegas
|
C-3
|
PG
|
13
|
18
|
Simpangan
dan Energi Mekanik Pegas
|
Disajikan sebuah gambar pegas yang bergetar, siswa
dapat menganalisis besar simpangan ketika energi pegas diketahui
|
C-4
|
PG
|
14
|
||
19
|
Sudut fase
dari grafik getaran
|
Disajikan sebuah gambar grafik getaran, siswa dapat
menentukan besar sudut fase getaran
|
C-3
|
PG
|
15
|
||
20
|
Periode
getaran pegas
|
Disajikan sebuah gambar getaran pegas, siswa dapat
menghitung periode pegas
|
C-4
|
Essay
|
20
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar